Anak Buah Luhut Respons Isu Tesla Mau Bangun Pabrik di RI

Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengaku hingga saat ini belum pernah mendengar soal kesepakatan Tesla akan membangun pabrik di Indonesia.

Jakarta, CNN Indonesia

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) angkat bicara terkait isu Tesla Inc bakal membangun pabrik kendaraan listrik di Indonesia.

Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan sampai saat ini belum pernah mendengar adanya kesepakatan tersebut.

“Sampai saat ini saya tidak mendengar ada kesepakatan dimaksud (Tesla bangun pabrik di Indonesia),” ujar Jodi kepada CNNIndonesia.com, Kamis (12/1).

Sebelumnya, beredar pemberitaan mengenai pemerintah dan Elon Musk mendekati kesepakatan awal pembangunan pabrik Tesla di Indonesia dari sumber anonim. Hal itu pun mendapat respons dari pendiri Tesla tersebut.

“Harap berhati-hati dalam menulis artikel yang mengutip ‘sumber tanpa nama’, karena sering salah,” kicau Musk di akun Twitter @elonmusk di hari yang sama.

Dalam unggahan tersebut, CEO Tesla itu juga menyertakan tautan berita berjudul “Tesla Is Close to Signing Deal to Build Factory in Indonesia” yang mengutip lansiran Bloomberg.

Wacana soal pembangunan pabrik Tesla di Indonesia sudah bergema sejak tahun lalu, saat Jokowi bertemu Musk pada pertengahan Mei di markas SpaceX di Texas, Amerika Serikat.

Keduanya membicarakan potensi kolaborasi dan kunjungan Musk ke Indonesia pada November 2022.

Jokowi pada Agustus lalu menginginkan Tesla membangun pabrik mobil listrik di dalam negeri, bukan cuma pabrik baterai.

“Yang kita inginkan semua adalah mobil listriknya, bukan baterainya. Buat Tesla, kami mau mereka membangun mobil listrik di Indonesia,” kata Jokowi saat diwawancarai Bloomberg Agustus 2022.

Ia mengaku ingin membangun ekosistem besar mobil listrik di Indonesia. Selain Tesla, dia mengungkap punya ekspektasi yang sama dari produsen otomotif besar lainnya seperti Ford, Hyundai, Toyota dan Suzuki.

Dalam kesempatan lain, Jokowi meyakini ke depannya Musk akan membangun pabrik baterai dan mobil Tesla di Indonesia.

“Kita masih dalam proses berbicara dengan Elon Musk dengan Tesla, masih proses. Tapi saya meyakini Tesla akan membangun pabrik baterai dan industri mobil di Indonesia,” tutur Jokowi dalam wawancara dengan The Economist, November 2022.

Keyakinan tersebut mengakar pada pasar Indonesia dan ASEAN yang besar untuk industri tersebut.

“Saya meyakini itu karena Indonesia memiliki pasar yang besar dan juga pasar di ASEAN yang besar,” papar Jokowi.

“Saya kira itu sebuah opportunity,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/sfr)

[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com