Autograph Tower Kini Jadi Gedung Tertinggi di Indonesia

Autograph Tower menjadi gedung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 382,9 meter dan menggeser Gama Tower ke urutan dua.

Jakarta, CNN Indonesia

Autograph Tower, yang pembangunannya baru selesai pada tahun lalu, kini menjadi gedung tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 382,9 meter.

Berdasarkan data  skyscrapercenter.com yang dikutip Kamis (12/1), gedung yang berlokasi di Kompleks Thamrin Nine, di Jl. M. H. Thamrin, Jakarta Pusat tersebut terdiri dari 75 lantai.

Autograph Tower dibangun dengan konsep ramah lingkungan sehingga memperoleh label BCA Green Mark Platinum. Bangunan gedung digunakan sebagai hotel maupun perkantoran.

Adapun proses pembangunan gedung pencakar langit ini dilakukan sejak 2013. Lalu pada 2014, pengerjaan konstruksi mulai dilakukan. Setelah delapan tahun, proses pembangunan rampung 100 persen pada 2022.

Sebelumnya, gedung tertinggi di Indonesia diduduki oleh Gama Tower dengan ketinggian 285,5 meter. Namun, dengan hadirnya Autograph Tower, maka ia harus rela tersingkir ke urutan kedua.

Gama Tower berlokasi di Jalan HR Rasuna Said No.2, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Gedungnya terdiri dari 69 lantai. Sama seperti Autograph Tower, Gama Tower juga memiliki konsep bangunan ramah lingkungan.

Gama Tower saat ini difungsikan sebagai gedung perkantoran dan hotel. Salah satu hotel yang ada di gedung ini adalah Hotel Westin, Jakarta.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)




Sumber: www.cnnindonesia.com