Basuki Targetkan Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Akhir Februari 2023

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) bisa beroperasi secara penuh pada akhir Februari 2023.

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) bisa beroperasi secara penuh pada akhir Februari 2023.

Padahal berdasar rencana awal, penyelesaian tol baru di Maret tahun ini.

“Cisumdawu mudah-mudahan ini secara total dapat dioperasikan akhir Februari atau awal Maret,” ujarnya dalam rapat kerja Komisi V DPR RI, Selasa (17/1).

Menurutnya, saat ini ruas tol Cisumdawu yang telah selesai yakni seksi I, yaitu Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,4 km. Tahap selanjutnya akan dikejar dan pada akhir Februari bisa dioperasikan.

“Saya akan upayakan akhir Februari bisa dioperasikan secara tuntas,” jelasnya.

Basuki menjelaskan sepanjang 2022 pihaknya telah menyelesaikan pembangunan jalan tol baru sepanjang 183 km. Secara rinci tol tersebut adalah, Cisumdawu (seksi 1 Cileunyi-Pamulihan), Manado-Bitung (Seksi 2B Danowudu-Bitung), Binjai-Langsa (Seksi Binjai-Tsabat).

Kemudian ada juga jalan Tol Cibitung-Cilincing (Seksi 2-3 Telaga Asih -Tarumajaya), Serpong-Balaraja (Seksi 1A), dan Padang-Pekanbaru (Seksi Pekanbaru-Bangkinang).

Sedangkan untuk pembangunan jalan baru telah terlaksana sepanjang 846 km di 2022. Di antaranya, jalan menuju Makam Pahlawan Cut Mutia (Aceh), Pansela Jawa (Jateng, DIY, Jatim), Planjan-Baron-Tepus (DIY), Siding/Seluas-Sekayang/Entikong (Kalbar), Long Pahangai-Long Boh & Long Bagun-Tering (Kaltim).

Lalu, pembangunan jalan dukungan IKN (Kaltim), Rasau-Jasa-Bts Negara (Kalbar), Manado Outer Ring Road III (Sulut), Lingkar Kendari (Sultra), Mamberamo-Elelim dan jalan akses Jembatan Holtekamp (Papua), serta Towe Hitam-Oksibil (Papua).

[Gambas:Video CNN]

(ldy/agt)




Sumber: www.cnnindonesia.com