Cara Cepat dan Mudah Cek Utang Nyangkut via HP

Masyarakat bisa cek

Jakarta, CNN Indonesia

Masyarakat bisa cek ‘utang nyangkut’ atau yang belum dibayar melalui layanan iDebKu milik Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pengecekan informasi soal utang ini sebelumnya dikenal dengan nama BI Checking.

“Informasi debitur ini penting lho untuk membantu mempercepat proses analisis dan pengambilan keputusan pemberian pinjaman atau kredit,” tulis keterangan di akun Instagram @ojkindonesia, dikutip Jumat (20/1).

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menjelaskan sistem layanan informasi keuangan (SLIK) merupakan sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK.

Dian berharap kehadiran iDebKu bisa membantu akses perusahaan maupun individu terhadap informasi tentang debitur. Nantinya, akses semakin mudah karena telah terpadu dan terintegrasi antara kantor pusat, regional, dan daerah di dalam satu aplikasi.

“SLIK merupakan salah satu upaya OJK untuk menjadikan sistem keuangan di Indonesia lebih berintegritas, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat luas sehingga mendapat manfaat dan lebih percaya kepada industri keuangan Indonesia, serta sebagai bagian dari perlindungan konsumen,” katanya dalam peluncuran iDebKu, November 2022 lalu.

Dikutip dari Panduan Teknis Permintaan iDeb Melalui iDebKu yang dirilis OJK, berikut cara lengkap cek ‘utang nyangkut’ melalui iDebKu:

1. Buka aplikasi melalui laman web https://idebku.ojk.go.id. Lalu, klik menu “Pendaftaran” pada halaman utama aplikasi iDebKu OJK.
2. Pemohon mengisi data registrasi secara lengkap dan benar, lalu mengunggah foto diri dengan memperagakan instruksi yang diminta.
3. Setelah pendaftaran berhasil, pemohon akan menerima email dari OJK yang memuat informasi nomor pendaftaran.
4. Pemohon dapat melakukan pengecekan status permohonan pada menu “Status Layanan” dengan mengisi nomor pendaftaran.
5. OJK akan memproses permohonan iDeb dan mengirimkan hasil iDeb melalui email pemohon paling lambat 1 hari kerja setelah pendaftaran dilakukan.
6. Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait iDeb, Anda bisa menghubungi kontak OJK melalui telepon di 157, email [email protected], atau WhatsApp 081-157-157-157

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)




Sumber: www.cnnindonesia.com