Erick Thohir Bakal Minta BUMN Bagi Bonus untuk Pegawai Kementeriannya

Menteri BUMN Erick Thohir akan meminta pada BUMN untuk berbagi bonus kepada pegawai Kementerian BUMN dari dividen masing-masing BUMN.

Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku akan meminta pada perusahaan di bawah naungannya untuk berbagi bonus kepada pegawai Kementerian BUMN dari dividen masing-masing BUMN.

Pasalnya, selama ini ia melihat tidak ada bonus yang diberikan kepada pegawai kementeriannya meskipun capaian kinerja terbilang bagus.

“Teman-teman di (Kementerian) BUMN ini kasihan. Teman-teman BUMN yang untung, dapat apa? Bonus? Kementerian nggak dapat apa-apa, nggak fair. Makanya terjadi jual-beli jabatan dulu. (Karena) iri,” ucap Erick di gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (2/1).

Dalam acara itu, Erick juga sempat berkelakar tentang gaji pegawai Kementerian BUMN. Ia pun menanyai gaji seorang pegawai dan disahuti dengan tawa.

Erick mengungkapkan akan meminta bonus itu melalui pembagian dividen masing-masing BUMN dengan hitungan tertentu. Menurutnya, ide ini sudah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

“Ini yang kita dorong sekarang, kalau BUMN bagi dividen, teman-teman di kementerian juga dapat dividennya, bonus, apalah hitungannya. Bu Menkeu sudah setuju, kita tinggal dorong,” katanya.

Lebih jauh, ia mengaku hal ini harus dilakukan sebab Kementerian BUMN berbeda dengan kementerian lainnya. Sebagai kementerian yang menaungi korporasi, ia mengaku harus memiliki mental yang serupa dengan BUMN.

“Kementerian BUMN kementerian korporasi. Jangan kita jadi kementerian ini kementerian birokrasi. Kenapa strukturnya kita bongkar? Ada deputi keuangan, HRD, legal, memang agak beda dari kementerian lain. Ini harus kita dorong,” ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/dzu)




Sumber: www.cnnindonesia.com