KAI Tebar Diskon Sampai 50 Persen Buat Lansia, Polri Hingga Wartawan

KAI menebar diskon tarif hingga 50 persen bagi lansia, TNI/Polri, para veteran, mahasiswa, dosen, hingga wartawan.

Jakarta, CNN Indonesia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menebar diskon tarif hingga 50 persen bagi lansia, TNI/Polri, para veteran, mahasiswa, dosen, hingga wartawan. Ada juga tarif khusus untuk berbagai rute, serta tarif subkelas untuk pelanggan loyal KAI.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, berbagai program ini KAI berikan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta api.

“Dengan adanya program-program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” kata Joni dalam keterangan resmi, Jumat (13/1).

Joni menegaskan tarif KA Komersial sifatnya fluktuatif menyesuaikan dengan permintaan pelanggan. Adapun untuk kereta yang sifatnya subsidi atau PSO, harganya tetap seperti yang ditentukan oleh pemerintah.

Berikut ketentuan diskon tarif KAI buat sejumlah kalangan dan instansi:

1. Lansia

Diskon 20 persen untuk KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Syaratnya, pelanggan berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

2. Legiun Veteran RI

Diskon 50 persen yang berlaku pada Selasa-Kamis dan diskon 30 persen untuk Jumat-Senin. Potongan tarif diberikan untuk pembelian tiket KA Komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.

Diskon tak berlaku pada hari besar/hari libur nasional, serta hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

3. TNI dan Polri

Diskon 25 persen untuk KA Komersial kelas eksekutif, dan diskon 50 persen untuk kelas ekonomi dan bisnis bagi anggota TNI/Polri aktif.

Namun, potongan harga ini tidak berlaku untuk keluarganya dan PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

4. Wartawan

KAI mendiskon harga 20 persen untuk kelas ekonomi dan bisnis. Syaratnya, wartawan harus menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

5. Civitas Akademika

KAI mendiskon tarif 10 persen bagi dosen UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS. Perseroan juga memberikan potongan harga 10 persen bagi anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.

Ke depan, Joni tidak menutup kemungkinan program tebar diskon tarif ini akan mengjangkau lebih banyak kalangan masyarakat.

Selain diskon tarif, KAI juga memberi tarif khusus untuk rute tertentu. Rutenya antar lain Gambir-Cirebon, Bandung-Tasikmalaya, Bandung-Banjar, Cirebon-Purwokerto, Semarang Tawang/Semarang Poncol-Tegal, Purwokerto-Yogyakarta/Lempuyangan/Solo Balapan, Madiun-Malang, Surabaya Gubeng-Jember, dan lainnya.

“Tiket tarif khusus dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan atau secara go show,” ujar Joni.

Sementara, tarif subkelas pada saat penjualan tiket kereta kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Pada saat pemesanan, calon pembeli akan melihat kode subkelas pada tiket yang diinginkan, disertai beberapa alternatif tarif.

Menurutnya, tidak ada perbedaan fasilitas atau tempat duduk yang nantinya didapatkan pelanggan.

“Penyediaan alternatif tarif tersebut adalah bentuk apresiasi KAI bagi pelanggan yang memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, sehingga dapat memilih tarif yang diinginkan,” imbuhnya.

[Gambas:Video CNN]

(pta/sfr)




Sumber: www.cnnindonesia.com