Penjualan Eceran di RI Tumbuh Positif di Desember 2022

Hasil survei BI menunjukkan penjualan eceran di RI yang tercermin dari indeks penjualan riil tumbuh 0,04 persen pada Desember 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan kinerja penjualan eceran tumbuh positif pada Desember 2022.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang sebesar 216,4, atau tumbuh positif 0,04 persen secara year on year pada Desember kemarin.

Hasil survei itu menunjukkan kinerja penjualan eceran yang tumbuh positif tersebut didorong oleh pertumbuhan kelompok peralatan informasi dan komunikasi yang tercatat meningkat dari kontraksi pada bulan sebelumnya.

“Secara bulanan, penjualan eceran tumbuh 6,3 persen, meningkat dari 0,4 persen dibanding bulan sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono seperti dikutip dari website BI, Selasa (10/1).

Ia menambahkan peningkatan penjualan itu terjadi pada mayoritas kelompok, terutama subkelompok sandang, kelompok peralatan informasi dan komunikasi yang ditopang oleh masih tingginya penjualan TV digital, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang didorong oleh perayaan natal, libur dan akhir tahun.

Peningkatan juga didorong strategi potongan harga yang mendukung permintaan domestik.

[Gambas:Video CNN]

(agt/pku)

[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com