Sambut 2023, Petrosea Siapkan Strategi Diversifikasi & Ekspansi Bisnis

Presiden Direktur Petrosea, Romi Novan Indrawan optimis menyambut 2023, yang salah satunya didukung implementasi strategi diversifikasi.

Jakarta, CNN Indonesia

PT Petrosea Tbk (PTRO) memperlihatkan kinerja solid pada tahun lalu dengan mencatatkan nilai kapitalisasi pasar tertinggi pada Desember 2022, sebesar Rp4,38 triliun.

Presiden Direktur Petrosea, Romi Novan Indrawan menyatakan menyambut 2023 dengan penuh optimisme. Hal itu antara lain didukung implementasi strategi diversifikasi sebagai pilar kunci perusahaan guna terus mengembangkan value proposition kepada seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan.

“Sampai dengan akhir tahun 2022, Petrosea berhasil mengantongi total nilai kontrak kurang lebih sebesar US$1,6 miliar atau setara dengan Rp24,8 triliun, yang merupakan wujud nyata dari ekspansi bisnis dan strategi diversifikasi untuk menjaga keberlangsungan usaha, termasuk menjadi lebih cost effective dan mencatat profit margin yang lebih tinggi,” ujar Novan.

Selanjutnya, untuk mendukung ekspansi bisnis dan strategi diversifikasi tersebut, tahun ini Petrosea mencadangkan anggaran belanja lebih tinggi sekitar 30 persen daripada tahun 2022.

Novan mengungkapkan, Petrosea bersiap menghadapi tantangan mendatang dengan percepatan sejumlah inisiatif perubahan manajemen sebagai wujud implementasi operational excellence dan continuous improvement di seluruh area operasional perusahaan.

Dalam menjalankan usaha, Novan menegaskan Petrosea berkomitmen penuh memprioritaskan pelaksanaan tata pengelolaan yang baik (GCG), aspek Environmental, Social and Governance (ESG), serta prinsip keberlanjutan. Salah satu langkah, pemanfaatan teknologi digital terkini melalui Minerva Digital Platform yang terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan.

Haji Romo (Robert) Nitiyudo Wachjo selaku majority shareholder pun menyampaikan keyakinan atas potensi yang dimiliki Petrosea ke depannya.

“Petrosea akan semakin tumbuh dan mencatatkan kinerja yang kuat, sejalan dengan strategi repositioning perusahaan menjadi mine owner di masa mendatang,” katanya dalam pertemuan apresiasi terhadap seluruh karyawan, Rabu (11/1).

Sepanjang tahun 2022, berbagai penghargaan domestik dan regional berhasil diraih Petrosea, termasuk “Best Responsibility of the Board” dan “Top 50 Mid Capitalization Public Listed Company” di ajang 13th IICD Corporate Governance Award 2022, “PROPER Daerah (PROPERDA)” dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan “ASEAN OSHNET Excellence Award 2022” untuk Petrosea Support Facilities (PSF), “Special Award for Sustainability” di IDC Future Enterprise Awards Asia Pacific 2022, serta empat penghargaan di ajang Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2022.

(rea)

[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com