Tuna Dijual Rp4,24 M di Lelang Tokyo

Seekor tuna sirip biru dijual seharga 36,04 juta yen atau sekitar Rp4,24 miliar di lelang tahun baru di pasar ikan Toyosu Tokyo.

Jakarta, CNN Indonesia

Restoran sushi berbintang Michelin Onodera Group dan grosir Jepang Yamayuki membayar 36,04 juta yen atau setara Rp4,24 miliar (asumsi kurs Rp117,9 per yen) untuk tuna yang dijual dalam lelang tahun baru di pasar ikan Toyosu Tokyo.

Mengutip AFP, Kamis (5/1), tuna sirip biru itu menjadi menjadi ikan termahal yang terjual pada lelang itu. Bahkan, harganya hampir dua kali lipat dari ikan termahal pada lelang tahun lalu.

Meski begitu, harga tuna tersebut jauh lebih rendah dibanding tuna yang pernah terjual dalam lelang 2019, yakni sekitar Rp43 miliar. Namun, penjualan tuna pada lelang keli ini menandai pemulihan harga setelah tiga tahun merosot.

“Lelang ini memiliki semua kualitas tuna yang baik. Kami telah mengalami tahun-tahun yang suram (selama pandemi). Saya harap kami dapat memberikan kebahagiaan kepada semua orang dengan menggunakan kesempatan seperti ini,” kata ahli sushi dan kepala koki Onodera Akifumi Sakagami.

Tuna terlaris tahun lalu, yang dibeli oleh pasangan penawar yang sama, hanya dijual seharga 16,88 juta yen atau sekitar Rp1,99 miliar.

Banyak pengamat menilai kejatuhan harga ini imbas melemahnya permintaan karena gelombang covid-19 yang melanda Jepang.

Lelang Tahun Baru sangat dinantikan. Acara ini juga sebagai upaya menjaga harga tuna tetap tinggi.

Selama bertahun-tahun, tawaran tertinggi datang dari Kiyoshi Kimura yang memproklamirkan diri sebagai ‘Raja Tuna’ yang membayar rekor $3,1 juta pada 2019 lalu.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/sfr)




Sumber: www.cnnindonesia.com