Viral  

Spesifikasi Lengkap OPPO Reno8 Pro 5G Beserta Harganya

Oppo reno8
Spesifikasi Lengkap OPPO Reno8 Pro 5G Beserta Harganya

OPPO Reno8 Pro 5G sudah rilis di Indonesia pada bulan Agustus 2022 yang lalu bersama dengan Reno8 Series lainnya. Seri lainnya yaitu Reno8 5G, Reno8 Z 5G, dan Reno8 4G. Produk ini menjadi smartphone flagship terbaru yang mempunyai spesifikasi paling tinggi di antara yang lainnya. 

Bahkan Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan bahwa desain yang dimiliki Reno8 Pro 5G lebih cantik dan berbeda dibandingkan Reno8 Z 5G. Cangkang yang digunakan bisa dirancang simetris dan elegan. Desainnya ini bukan terinspirasi dari merek lain, tetapi dari desain OPPO Reno 5 yang rilis tahun 2021. 

Spesifikasi Lengkap OPPO Reno8 Pro 5G

Sebagai smartphone flagship, Reno8 Pro ini mampu bersaing dengan kompetitor di kelasnya. Spesifikasi yang dimiliki hampir sama dengan spesifikasi flagship-flagship lainnya. Jika Anda tertarik dengan HP yang satu ini, berikut spesifikasi lengkapnya.

1. Spesifikasi Jaringan

Jaringan 5G di HP ini sudah terpampang jelas secara nyata. Selain jaringan 5G, Reno8 Pro menyediakan juga jaringan lain, yaitu GSM, HSPA, dan LTE atau yang lebih sering dikenal sebagai jaringan 2G, 3G, dan 4G. Meskipun jaringannya 5G, tetapi di Indonesia belum bisa digunakan karena belum tersedianya jaringan tersebut. 

Oleh karena itu, pengguna akan tetap menggunakan jaringan 4G ketika menggunakan HP ini. Namun, jika misalnya nanti sudah tersedia jaringan 5G dan Anda masih memiliki HP ini, maka tidak perlu membeli HP baru untuk bisa akses 5G. 

2. Spesifikasi Body

Dimensi body Reno8 Pro ukurannya 160,6 x 73,4 x 7,7 mm dengan berat 179 gram. Ukuran ini untuk HP flagship termasuk ramping dan cukup ringan, sehingga akan nyaman digenggaman. 

Bahan kaca depan terbuat dari Gorilla Glass 5, bagian belakang dari plastik, dan bingkai pun terbuat dari plastik. Bagian slot SIM card disediakan untuk dual-SIM dengan ukuran nano SIM. Sifat slot SIM ini stand-by karena tidak ada slot untuk microSD. 

Namun, plastik di sini bukan jenis plastik sekali pakai yang ada pada kemasan makanan atau perabotan rumah tangga. Melainkan jenis plastik yang memang sering digunakan sebagai pembuatan cangkang HP. Desain kamera yang berada di sisi kanan HP pun begitu terlihat elegan dengan pilihan warna yang ada.

Warna-warna yang digunakan pada HP ini jenis warna yang soft dan lembut, tidak mencolok seperti merah darah atau kuning cerah. Warna soft yang digunakan, bagian kamera yang bagus, dan ukuran yang ramping membuat HP ini semakin terlihat bagus saat digenggaman. 

3. Spesifikasi Display

Layar Reno8 Pro 5G yaitu AMOLED dengan ukuran 6,7 dengan refresh rate 120 Hz. Ukuran rasio screen to body HP Reno8 Pro 5G ini mencapai 90,3%. Resolusinya yang digunakan 1080 x 2412 piksel dengan rasio 20:9 dan kerapatan sebedar 394 pipi. Sudah dilengkapi juga oleh perlindungan corning gorilla glass 5. 

Tingkat kecerahan normal 500 nits, HBM 800 nits, dan maksimal 950 nits. Memiliki HDR10+ dan 1B colors. Touch sampling rate 125 Hz untuk pengaturan default dan 360 Hz untuk mode game. Bahkan beberapa game tertentu mendukung touch sampling rate hingga 720 Hz. 

Dengan spesifikasi yang dimilikinya membuat HP ini bagus juga untuk pengguna yang hobi bermain game. Selain penyimpanan dan prosesornya yang mumpuni, kecepatan respon layar pun mendukung. Bermain game berat seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, dan lainnya akan terasa nyaman.

4. Spesifikasi Hardware

Sistem operasi yang digunakan pada Reno8 Pro 5G ini adalah Android 12 dan Colors 12.1. Dengan kombinasi ini membuatnya bisa menyediakan berbagai fitur bagus, seperti Air Gesture, Always on Display, mengubah tampilan notifikasi, dan fitur untuk memudahkan melakukan navigasi tanpa menyentuh layar.

Selain itu, fitur Privacy Dashboard, flexing window, Smart Sidebar, mengatur privasi aspek, fitur antarmuka, dan yang lainnya bisa dilakukan pada Reno8 Pro dengan sistem operasi yang digunakan tersebut. 

Kemudian, pada bagian prosesor yang menjadi tenaga pacu HP ini adalah MediaTek Dimensity 8100-Max (5nm) dan chip Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X buatan OPPO sendiri. Menariknya, NPU MariSilicon X ini merupakan warisan dari HP flagship OPPO sebelumnya, yaitu OPPO Find X5 Pro 5G. 

Dengan dipakainya NPU MariSilicon X ini akan membuat hasil foto dan video yang diambil dalam kondisi minim cahaya jadi tetap bagus seperti kamera profesional. Tidak terlalu heran sebenarnya karena HP dari merek OPPO sudah terkenal dengan kameranya yang bagus sejak dulu. 

Pada bagian CPU menggunakan Octa-core (4×2.85 GHz Cortex A78 & 4×2.0 GHz Cortex A55). GPU yang digunakan adalah Arm Mali-G610 MC6. Performanya yang dilengkapi dengan RAM 12 GB membuat Reno8 Pro 5G akan lancar ketika digunakan untuk aktivitas multitasking.

5. Spesifikasi Kamera Utama

OPPO Reno8 Pro 5G mempunyai tiga kamera utama di belakang. Kamera pertama yaitu lensa wide dengan konfigurasi 50 MP dan f/1.8 serta multi-directional PDAF. Lensa kamera utama ini pun adalah lensa Sony IMX766. Kamera kedua berupa lensa ultrawide 8 MP dengan f/2.2. Kamera ketiga berupa lensa makro 2 MP dengan f/2.4.

Banyak fitur dan mode pemotretan untuk kamera belakang ini. Di antaranya ada mode pemotretan untuk foto, video, night mode, Pro, Panorama, Selang Waktu, Potret, Slow Motion, Pemindai Teks, Ekstra HD, dual-view video, Film, Stiker, dan Template Soloop. Dengan Reno8 Pro 5G, pengguna bisa berkreasi sepuasnya dengan hasil terbaik.

Misalnya pengguna suka membuat video slow motion, maka dengan menggunakan Reno8 Pro 5G ini tidak perlu lagi mengedit video biasa di aplikasi lain. Dengan menggunakan fiturnya, video yang dihasilkan akan otomatis menjadi slow motion

Kualitas video yang dihasilkan oleh kamera belakang ini bisa berbeda-beda sesuai dengan jenis video yang dibuat. Berikut ini kualitas video yang dihasilkan sesuai jenis videonya.

  • Video umum: 4K kecepatan 30fps, 1080p kecepatan 60fps/30fps (default), 720p kecepatan 60fps/30fps.
  • Video zoom: 4K kecepatan 30fps, 1080p kecepatan 60fps/30fps, 720p kecepatan 60fps/30fps.
  • Stabilisasi video: EIS, 4K kecepatan 30fps, 1080p kecepatan 30fps, 720p kecepatan 30fps.
  • Video slow motion: 1080p kecepatan 120fps, 1080p kecepatan 480fps, 720p kecepatan 240fps, 720p kecepatan 960fps.
  • Video selang waktu: 1080p kecepatan 30fps
  • Mode film: 1080p kecepatan 30fps
  • Dual view video: 1080p kecepatan 30 fps

6. Spesifikasi Kamera Selfie

Spesifikasi kamera belakang dan kamera depan akan berbeda, muali dari konfigurasinya, fiturnya, dan lainnya. Kamera selfie berupa Sony IMX709 dengan konfigurasi 32 MP dan f/2.4. Mode pemotretan kamera ini tersedia untuk foto, video, night mode, Panorama, Potret, Time Lapse, Dual view video, dan Stiker. 

Kualitas foto dan video yang dihasilkan resolusinya bisa 1080p kecepatan 30fps dan 720p kecepatan 30fps. Pengaturan default menggunakan resolusi 1080p kecepatan 30fps. Pada kamera selfie, tidak tersedia fitur slow motion. Jadi, jika ingin membuat slow motion hanya bisa menggunakan kamera belakang saja. 

7. Spesifikasi Penyimpanan

Pada kapasitas penyimpanan, Reno8 Pro 5G ini sudah termasuk sangat besar. Terdapat dua pilihan kapasitas RAM dan satu pilihan kapasitas memori internal. Kapasitas RAM ada yang 8 GB dan 12 GB, sementara untuk memori internal hanya ada kapasitas 256 GB. 

Jika pengguna membeli yang RAM 8 GB dan merasa kurang, kapasitasnya bisa diperbesar dengan cara ekspansi. Tersedia fitur RAM Expansion yang bisa memperluas kapasitas RAM hingga 7 GB. Sehingga total kapasitas RAM bisa mencapai 15 GB. Begitu pun untuk 12 GB, jika diekspansi maksimal menjadi 19 GB. 

Dengan kapasitas penyimpanan besar ini, pengguna bisa mengoleksi ribuan foto dan video, berbagai aplikasi berat, serta tetap lancar ketika digunakan untuk multitasking. Tidak bisa menambah memori eksternal karena tidak tersedia slot untuk microSD. Meskipun begitu, kapasitas yang disediakan pun sudah sangat cukup. 

8. Spesifikasi Baterai

Jenis baterai yang digunakan pada Reno8 Pro 5G adalah Litium polimeri (Li-Po) yang tidak bisa dilepas. Kapasitas baterainya sebesar 4500 mAh dan sudah didukung dengan teknologi fast charging. Daya fast charging yang digunakan bisa 80 watt SUPERVOOC, 65W SUPERVOO, dan 50 watt SUPERVOOC.

Dalam iklannya disebutkan jika menggunakan daya 80 watt baterai bisa terisi dari 1-45% hanya dengan waktu 10 menit. Sedangkan untuk pengisian daya dari 1-100% hanya butuh waktu 31 menit. Jika di bawah 80 watt, maka waktu pengisiannya pun akan sedikit lebih lama.

Banyaknya pilihan jumlah daya listrik yang digunakan bukan tanpa alasan. Hal ini karena untuk wilayah yang menggunakan tegangan 110V seperti Taiwan, Amerika Latin, dan Amerika Utara tidak mendukung pengisian daya dengan 80 watt. Pengisian daya hanya mendukung sampai 66 watt. 

Jadi, jika misalnya Anda berkunjung ke Taiwan dengan Reno8 Pro 5G ini, maka kecepatan pengisian dayanya tidak akan secepat ketika di Indonesia. Namun, 66 watt pun sudah termasuk fast charging dengan waktu pengisian bisa sampai 1 jam. 

9. Fitur Konektivitas atau Komunikasi

Fitur konektivitas Reno8 Pro 5G ini sangat banyak yang terbilang lengkap. Konektivitas WLAN bisa terhubung untuk jenis WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/6, WiFi direct, dan dual band. Konektivitas Bluetooth bisa untuk Bluetooth v5.3, A2DP, LE, dan aptX HD. Pada pengaturan posisi bisa untuk GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, dan QZSS. 

Tersedia fitur NFC yang bisa mendukung membaca dari dan menulis ke kartu NFC 13,56 MHz, mendukung kartu NFC-SIM pada SIM 1, dan mendukung pembayaran HCE. Konektivitas USB sudah menggunakan USB tipe C dan OTG. 

Tidak ada konektivitas untuk radio di Reno8 Pro 5G ini. Namun, fiturnya yang sudah jarang digunakan pun tidak akan terlalu berpengaruh. Kebanyakan smartphone flagship saat ini tidak menyediakan konektivitas radio. 

10. Fitur Lainnya

Fitur lainnya yang perlu juga diketahui yaitu mengenai sensor yang ada di HP ini. Jenis sensor yang tersedia yaitu sensor cahaya, sensor jarak di layar, sensor optik di layar, sensor geomagnetik, sensor gravitasi, akselerometer, dan giroskop. Selain itu, speaker yang digunakan sudah stereo speakers. 

Itulah spesifikasi lengkap dari OPPO Reno8 Pro 5G yang sudah bisa dibeli baik offline maupun online. Tersedia pilihan warna Glazed Black dan Glazed Green. Untuk harganya, di Indonesia HP ini sekitar Rp9,9 juta.