Viral  

Tips Memilih Layanan Internet Untuk Bisnis Warung

Layanan Internet
Tips Memilih Layanan Internet Untuk Bisnis Warung

Di era digital seperti saat ini. Keberadaan teknologi sudah menjadi seperti pilar utama dalam menjalankan bisnis. Saat ini, teknologi menjadi salah satu pilar utama dalam menjalankan bisnis. Dari perusahaan, bisnis rumahan sampai warung-warung, semuanya sudah terpasang internet. Hal ini karena memang layanan internet bisa membuat pekerjaan berjalan dengan lebih baik. 

Contohnya saja untuk perusahaan, banyak pabrik yang mulai memanfaatkan internet untuk menjalankan mesin-mesin. Lalu industri rumahan, mereka lebih banyak berjualan dan transaksi menggunakan internet [Tik Tok/Instagram]. Kemudian terakhir untuk warung, mereka akan lebih laris apabila memiliki koneksi internet yang lumayan stabil. Karena gaya hidup masyarakat yang memang sudah berubah mengikuti kondisi dunia digital.

Dengan keberadaan internet, maka hampir bisa dipastikan bila seluruh pekerjaan yang harus dituntaskan oleh para karyawan akan selesai dengan efektif dan efisien. Namun, memilih layanan internet juga tidak bisa asal dan sembarangan saja. Harus penuh pertimbangan dan disesuaikan kebutuhan bisnis.

Berikut ini beberapa poin yang sudah dirangkum oleh Jaguar68, mengenai cara memilih dan mulai menggunakan provider internet yang berkualitas tapi tetap terjangkau dan memberikan hasil terbaik bagi penggunanya

1. Sesuaikan Bandwithnya

Hal pertama yang dibutuhkan oleh setiap bisnis agar memiliki jaringan internet yang memadahi adalah menyesuaikan bandwith. Apa sih itu bandwith? Simpelnya bandwith adalah kecepatan internet yang dihasilkan ketika saat digunakan ataupun tidak digunakan. Biasanya kecepatan ini meliputi: Kecepatan download, kecepatan streaming, kecepatan loading sampai kecepatan gaming. 

Semuanya ada takarannya sendiri. Nah, untuk itulah penting bagi bisnismu untuk menyesuaikan. Kalau di level warung, carilah kecepatan internet yang stabil untuk gaming dan streaming. Karena paling banyak pelanggan akan menggunakan untuk 2 hal tersebut.

Tapi tidak menutup kemungkinan kamu ingin memberikan pelayanan super ekstra ke pelanggan dengan menambah kecepatan download.

2. Batas Orang yang Bisa Menggunakan

Selanjutnya yang menjadi nilai jual lain dari provider adalah adanya batas pengguna yang bisa mengakses internet. Contohnya saja Indihome. Dengan paket seharga Rp. 300.000, itu hanya bisa diakses oleh 5 device [termasuk hp/laptop/smart TV] dan berjarak radius maksimal 500 Meter saja. Tentunya ini bisa menguntungkan dan merugikan.

Untuk bisnis warung, dengan harga dan pelayanan Rp. 300.000. Ini sangat tidak worth it. Karena dapat dipastikan rata-rata, pelanggan datang memang di sengaja hanya untuk mencari wifi. Apabila kamu menyediakan wifi yang standart, tentunya mereka tidak akan kembali dan warungmu menjadi sepi.

Pertimbangkan hal ini dengan baik dan sesuaikan dengan kebutuhan harianmu. Jangan sampai salah memilih provider. Karena biasanya, berlangganan itu murah jika dilakukan secara tahunan dibandingkan bulanan.

4. Jenis Tawaran Koneksi

Koneksi fiber optik adalah pilihan jenis koneksi yang terbaik hingga saat ini. Hal ini karena jaringan yang dihasilkan dari jenis teknologi tersebut tidak akan terpengaruh oleh perubahan cuaca. Menimbang beberapa jenis koneksi termasuk contoh tersebut juga bisa menjadi pilihan lebih bijak.

5. Biaya Pengeluaran

Tentu kita mengetahui bahwa tidak seluruh penyedia jaringan masuk ke dalam provider internet murah. Di samping itu, biaya untuk kebutuhan yang lain pun harus tetap tercukupi.

Lakukan perbandingan antara biaya provider satu dan lainnya, kemudian sesuaikan dengan pemasukan dan rancangan pengeluaran lainnya. Sehingga tidak akan terjadi besar pasak daripada tiang hanya untuk kebutuhan memenuhi internet di rumah maupun kantor.

Demikian tadi rekomendasi provider internet yang bisa jadi referensi kalian saat akan memasang internet untuk makin membuat warungmu ramai. Semoga bermanfaat ya!